Senin, 18 April 2011

Tips Tidur Untuk Kesehatan

Tips Cara Tidur Nyenyak Dan Lelap. Siapa sih yang tidak ingin tidur nyenyak aliastidur lelap. Terutama setelah menjalani aktifitas fisik yang melelahkan. Tidur Nyenyakdan berkualitas sangat bermanfaat untuk kesehatan seseorang, bahkan ada yangbilang jika tidur nyenyak adalah salah satu tips cara meninggikan badan secara alami. Meskipun demikian kadang kala kita dihadapkan pada keadaan dimana kita sangat sulit untuk menikmati tidur lelap dalam jangka waktu tertentu. Akibatnya sepanjang hari kita jadi lemas, sulit berkonsentrasi, kurang bergairah, pekerjaan terganggu, dan lain sebagainya. 

Nah, berikut ini beberapa Tips Tips Cara Tidur Nyenyak Dan Lelap, mungkin bisa sedikit membantu mengurangi masalah tidur nyenyak anda.


  • Tidur di kasur yang nyaman.
  • Ruangan gelap, tenang dan berbau segar.
  • Usahakan kaki dan tangan tetap hangat untuk mencapai REM (rapid eye movement), ini sangat penting untuk tidur nyenyak.
  • Minum segelas air sebelum tidur dan lakukan hal yang sama pada saat bangun.
  • Belajarlah untuk bersantai dengan mengambil napas dalam-dalam sebelum istirahat. Perintah seluruh tubuh dari kepala hingga ujung kaki untuk bersantai; kemudian tutup mata Anda.
  • Biasakan untuk tidur pada waktu yang sama setiap hari, bahkan selama akhir pekan.
  • Tidur di punggung Anda dengan bantal di bawah lutut Anda untuk menjaga keselarasan tulang belakang yang tepat dan mencegah sakit punggung akibat postur tikungan.

Posisi yang netral untuk tidur nyenyak dimana pada saat kita membaringkan badan/tubuh kita dalam hal ini tulang belakang anda ada pada posisi yang sebenarnya.
Kadang kala tidur malam dan siang hari tak nyenyak di sebabkan oleh posisi tidur yang tak menentu. Kemungkinan besar di sebabkan oleh kelelahan dan faktor lain.
Nah, mari perhatikan cara tidur yang membuat kita nyenyak terlelap pulas.
1. Tidur Terlentang
Sudah hal yang biasa manusia merasakan sakit punggung, jika hal ini terjadi pada diri anda, maka lettakanlah bantal kecil di bwah kaki, pastikan bantal yang anda gunakan adalah bantal kecil rata. Dengan cara ini bisa membantu punggung membentuk postur yang tetap natural.
2. Tidur Menghadap Samping
Atur posisi kepala anda, usahakan nyaman kemudian menyelipkan guling di antara kedua kaki. Dengan cara ini dapat melepas tekanan-tekanan yang ada pada pinggul.
3. Tidur Tengkurap
Tidur tengkurap sebenarnya merupakan posisi tidur yang kurang baik, apalagi buat kaum wanita, dapat mengganggu sirkulasi payudara wanita, namun dengan posisi ini maka tulang belakang lurus dan menghilangkan kelelahan otot belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar